Notification

×

Iklan

Iklan

8 Jalan Rezeki di Dalam Al Qur'an

Kamis, 04 Mei 2023 | Mei 04, 2023 WIB Last Updated 2023-05-04T06:22:57Z
Banyumas24jam - berbicara masalah rezeki, merupakan pembahasan yang sangat menarik. Dan rezeki tentunya bukan hanya uang atau harta, rezeki juga meliputi kesehatan, keluarga yang tentram, orangtua dan masih banyak lagi bentuk rezeki yang diberikan oleh Allah.

Didalam alqur'an Alloh memberikan pedoman, yaitu bagaimana agar kita bisa meraih rezeki. Di dalam Al Qur'an setidaknya ada 8 Jalan Rezeki yang ada di Dalam Alqur'an. Apa saja? Simak artikel dibawah ini!

8 Jalan Rezeki di Dalam Al Qur'an

1. Rezeki yang telah dijamin
Alloh subhanahu wata'alaa berfirman "Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)". (QS HUD : 6)

2. Rezeki karena takwa dan tawakkal
Alloh subhanahu wata'alaa berfirman "Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar." (QS Surah At Talaq ayat 2).

Alloh subhanahu wata'alaa berfirman "Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS Surah At Talaq ayat 3).

3. Rezeki karena menikah
Alloh subhanahu wata'alaa berfirman "Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui". (QS NUR : 32)

4. Rezeki karena anak
Alloh subhanahu wata'alaa berfirman "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar". (QS AL ISRA' : 31)

5. Rezeki karena istighfar
Alloh subhanahu wata'alaa berfirman "maka aku berkata (kepada mereka), "Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu ". (QS NUH : 10-12)

6. Rezeki karena bersyukur
Alloh subhanahu wata'alaa berfirman "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat". (QS IBRAHIM : 7)

7. Rezeki karena bersedekah
Alloh subhanahu wata'alaa berfirman "Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan". (QS AL BAQOROH: 245)

8. Rezeki karena usaha
Alloh subhanahu wata'alaa berfirman "Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya)". (QS NAJM: 39)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close