Notification

×

Iklan

Iklan

Joko Kaiman, Bupati Pertama Banyumas

Sabtu, 18 Februari 2023 | Februari 18, 2023 WIB Last Updated 2023-02-18T04:15:54Z
joko kaiman
Banyumas24jam.com - setiap tanggal 22 februari, kabupaten banyumas memperingati hari lahirnya. Ada beberapa hal yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten banyumas dalam memperingati hari lahir banyumas. Ada kegiatan kirab pusaka, ziarah ke makam Bupati pertama Banyumas, yaitu R. Djoko Kahiman atau Joko Kaiman, dan tepat di tanggal 22 Februari yaitu upacara peringatan. Dan biasanya setelah tanggal-tanggal tersebut diadakan juga berbagai event, baik event kuliner, kentongan / kesenian dan hias desa.

Babad Kabupaten Banyumas, tidak bisa kita lepaskan dari salah satu tokoh yang berpengaruh di dalamnya, atau Bupati pertama kabupaten banyumas yaitu R. Djoko Kahiman atau Joko Kaiman. Beliau memerintah di Banyumas tempo dulu sekitar tahun 1571 sampai 1582 M. R. Joko Kaiman atau Adipati Mrapat.

Biografi Raden Joko Kaiman

Raden Joko Kaiman atau Raden Joko Semangun adalah putra Raden Banyak Sosro dengan ibu dari Pasir Luhur. Raden Banyak Sosro adalah putra Raden Baribin, seorang Pangeran Majapahit yang karena suatu kesalahan maka menghindar ke Pajajaran dan akhirnya dijodohkan dengan Dyah Ayu Ratu Pamekas putri Raja Pajajaran.

Sedangkan Nyi Banyak Sosro, ibu Raden Joko Kaiman adalah Putri Adipati Banyak Galeh (Mangkubumi II) dari Pasir Luhur. Semenjak kecil Raden Joko Kaiman diasuh oleh Kyai Mranggi Semu di Kejawar yang dikenal dengan nama Kyai Sembarta dengan Nyi Ngaisah yaitu Putri Raden Baribin yang bungsu. Adipati Banyak Galeh adalah keturunan ke-9 dari Raden Arya Bangah dari Galuh Pakuan Putra Pajajaran.

Dari sejarah terungkap bahwa Raden Joko Kaiman adalah merupakan SATRIA yang sangat luhur untuk bisa diteladani oleh segenap warga Kabupaten Banyumas khususnya karena mencerminkan :

– Sifat altruistis, yaitu tidak mementingkan dirinya sendiri.
– Dan merupakan pejuang pembangunan yang tangguh, tanggap dan tanggon.
– Serta pembangkit jiwa persatuan kesatuan (Majapahit, Galuh Pakuan, Pajajaran) menjadi satu daerah dan memberikan kesejahteraan kepada semua saudaranya.

Dengan demikian tidak salah apabila MOTTO dan ETOS KERJA untuk Kabupaten Banyumas adalah SATRIA (Sejahtera, Adil, Tertib, Rapi, Indah, Aman)

Sumber : Banyumaskab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close