Notification

×

Iklan

Iklan

Pak Kasur, Pencipta Lagu Anak-anak Legendaris Asal Purbalingga

Kamis, 29 Desember 2022 | Desember 29, 2022 WIB Last Updated 2022-12-29T11:51:05Z
Banyumas24jam.com - Pada hari Minggu, ku turut Ayah ke kota, Naik delman istimewa, ku duduk di muka, Ku duduk samping Pak Kusir yang sedang bekerja, Mengendali kuda supaya baik jalannya, hai!, Tuk-tik-tak-tik, tuk-tik-tak-tik, tuk-tik-tak-tik, tuk..

Penggalan lirik lagu anak-anak tersebut mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Terutama anak-anak di era 80 sampai dengan 90 an. Lagu yang berjudul Naik Delman itu menceritakan tentang anak-anak yang diajak naik delman ke kota di hari minggu oleh orang tuanya.

Lagu Naik Delman ini ternyata di ciptakan oleh salah satu putra dari kabupaten Purbalingga. Beliau di kenal dengan nama Pak Kasur. Nama lengkap Pak kasur adalah Soerjono. Beliau dilahirkan di Purbalingga, pada tanggal 26 Juli 1912. Pak Kasur seorang tokoh pendidikan Indonesia. Ia juga memandu acara Taman Indria di TVRI stasiun pusat Jakarta. Namanya berasal dari julukan "Kak Soer" yang biasa digunakan oleh anak buahnya di Gerakan Kepanduan. Nama ini lama-lama berubah menjadi "Kasur" dan "Pak Kasur". Istrinya Ibu Kasur (Sandiah) juga memandu acara itu.

Ia mulai menjadi guru di HIS Ardjoena School, Bantul, Yogyakarta. Kemudian ia melanjutkan pendidikan di HIK, Bandung. Setelah Indonesia merdeka ia mengasuh acara anak-anak di RRI, dan menciptakan beberapa lagu seperti Naik Delman, Bangun, Sepedaku, Kebunku, dan lain-lain. Ia juga sempat menjadi Sekretaris Badan Sensor Film.

Pak Kasur tercatat menciptakan sekitar 200 lagu diciptakannya, termasuk lagu-lagu yang ditulisnya saat menjadi Duta Cendrawasih pada Februari–Mei 1964. Pak kasur tutup Usia pada tanggal 26 Juni 1992 di usia 79 tahun. Pak Kasur memang sudah meninggalkan kita untuk selama-lamanya, tetapi karya beliau tak akan lekang oleh waktu. Karya beliau selalu dikenang dari zaman ke zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close