Notification

×

Iklan

Iklan

Christian Hadinata, Legenda Bulutangkis Asal Purwokerto

Selasa, 15 November 2022 | November 15, 2022 WIB Last Updated 2022-11-29T13:48:09Z
Cristian Hadinata
Christian Hadinata merupakan salah satu atlet yang menjadi legenda di Indonesia. Banyak yang tidak tahu kalau Christian Hadinata adalah kelahiran Purwokerto, Banyumas. Beliau merupakan atlet bulutangkis keturunan tionghoa. Christian Hadinata berjaya di dunia tepok bulu di era tahun 70 an hingga akhir tahun 80an. Banyak prestasi yang ditorehkan oleh pria kelahiran Purwokerto, 11 Desember 1949.

Christian Hadinata merupakan atlet bulutangkis spesialis ganda, baik ganda putra maupun ganda campuran. Dia pernah berpasangan dengan Atik Jauhari, Retno Kustiyah, Ade Chandra, Imelda Wiguna, Regina Masli, Lius Pongoh, Icuk Sugiarto, Ivana Lie, Bobby Ertanto, Liem Swie King dan Hadiwibowo susanto.

Christian Hadinata awal masuk pelatnas pada tahun 1971. Pada tahun itu pula dia berhasil mempersembahkan gelar Juara nasional ganda putra berpasangan dengan Atik Jauhari dan Juara Asia ganda campuran berpasangan dengan Retno Kustiyah. Prestasi Christian Hadinata terus berlanjut dari tahun ke tahun antara lain: Juara All England ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra 1972 , Juara Demonstrasi Olympic Games 1972 ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra 1972, Juara All England ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra 1973, Juara Asian Games ganda campuran berpasangan dengan Regina Masli 1974, Juara Asian Games ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra 1978, Juara Kanada Terbuka ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra 1979, Juara Kanada Terbuka ganda campuran berpasangan dengan Imelda Wiguna 1979, Juara All England ganda campuran berpasangan dengan Imelda Wiguna 1979.
Juara Denmark Terbuka ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra 1980, Juara Swedia Terbuka ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra 1980, Juara Dunia ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra 1980, Juara Dunia ganda campuran berpasangan dengan Imelda Wiguna 1980, dan masih banyak lagi kejuaraan yang beliau menangkan bersama pasangan beliau.

Christian Hadinata pensiun dari dunia tepokbulu di tahun 1986 dan beliau tetap berada di bulutangkis hingga saat ini. Beliau pernah menjabat sebagai pelatih Pelatnas. Beliau sekarang menjabat sebagai penasehat teknis Pelatnas. Banyak prestasi dari beliau baik saat menjadi pemain maupun pelatih atau pengurus PBSI.

Itulah sekelumit profil salah satu atlet badminton legendaris asal Purwokerto. Christian Hadinata bisa dinobatkan sebagai salah satu legenda hidup perbulutangkisan Indonesia bahkan Dunia. Semoga ditahun-tahun berikutnya akan lahir atlet-atlet berbakat yang di lahirkan di Purwokerto, Banyumas yang kelak akan membawa Indonesia lebih maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close