Notification

×

Iklan

Iklan

Berapa Idealkah Berat Badan Turun dalam 1 Minggu?

Selasa, 08 November 2022 | November 08, 2022 WIB Last Updated 2022-12-02T00:43:34Z
Foto : Kata Data

Banyumas24jam.com - Berat badan yang berlebih sangat rentan menimbulkan beberapa penyakit kronis yang berbahaya. Semisal Stroke, Diabetes, Kanker, Asam urat, Kolesterol dan lain sebagainya. Berat badan yang berlebih terjadi dari beberapa faktor, Seperti : Mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori, Pola tidur yang tidak teratur, Makan di malam hari dengan rutin, kurangnya minum air putih dan kurang olahraga.

Berat badan yang ideal bisa kita hitung dengan rumus. Seperti dikutip dari situs hellosehat.com, cara menghitung berat badan ideal kita adalah:

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Rumus seperti diatas adalah rumus berat badan ideal yang ditemukan oleh seorang dokter bedah Prancis, Pierre Paul Broca. Jadi rumus diatas dikenal dengan nama rumus Broca. Rumus Broca membedakan antara berat badan ideal pria dan wanita.

Pria: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Wanita: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Sebagai contoh, jika Anda adalah wanita dengan tinggi badan sebesar 158 cm, berat badan ideal Anda yaitu sebesar 58 – 8,7 = 49,3 kg. Sementara jika Anda adalah pria dengan tinggi badan 170 cm, berat badan ideal Anda yaitu sebesar 70 – 7 = 63 kg.

Berapa Idealkah Berat Badan Turun dalam 1 Minggu?

Jika anda mengalami berat badan yang berlebih atau obesitas dan ingin menurunkan berat badan tentunya harus tetap dalam koridor atau aturan yang baik. Menurut Goodtalk.id menurunkan berat badan paling bagus adalah 2kg dalam satu bulan. Jadi kalau kita bagi dalam 1 minggu itu 1/2 kg. Ada beberapa orang yang sangat semangat menurunkan berat badan dengan diet ketat, sehingga berat badan bisa sangat turun drastis. Mungkin bisa dalam 1 minggu 10 kg.

Penurunan berat badan dengan drastis pastinya akan menimbulkan efek pada kesehatan. Hal ini sangat beresiko menimbulkan beberapa hal, antara lain:

1. Mengganggu Metabolisme tubuh, Ketika terjadi pembakaran lemak yang sangat tinggi, akan menimbulkan banyak sel yang rusak.

2. Menimbulkan Batu Empedu, orang yang berat badan turun dengan cepat ternyata bisa menimbulkan batu empedu muncul.

3. Menyebabkan Asam Urat, Karena banyak sel yang rusak, akan menyebabkan asam urat menjadi naik.

4. Menyebabkan Badan Loyo, Dengan penurunan berat badan yang cepat dan drastis sangat mungkin menyebabkan tubuh kita menjadi loyo dan lemah.

5. Menyebabkan Tidur Terganggu, Tidur akan sangat terganggu jika berat badan turun dengan drastis.

6. Menyebabkan Daya Ingat Terganggu, Dengan penurunan berat badan yang drastis bisa juga akan menyebabkan ganguan daya ingat.

Dengan menurunkan berat badan dengan cara "terburu-buru", sangat memungkinkan balik sangat besar. Jadi kesimpulannya menurunkan berat badan menjadi ideal adalah 1 bulan 2kg atau 1 minggu 1/2 kg. Turunkanlah pelan-pelan dan teratur serta konsisten.

Sumber : Tiktok Dokter HansGoodtalk.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close