Notification

×

Iklan

Iklan

3 Tips Menjadi Kaya Menurut Motivator Ippho Santosa

Minggu, 26 November 2023 | November 26, 2023 WIB Last Updated 2023-11-26T05:32:22Z
Banyumas24jam - merupakan motivator yang terkenal di Indonesia. Beliau adalah penulis buku mega best seller yaitu "7 Keajaiban Rezeki". Buku yang sangat laris manis di pasaran ini, membahas 7 jurus agar rezeki kita dilancarkan oleh Alloh Subhanahu wata'alaa. Buku 7 keajaiban rezeki juga pernah mendapatkan MURI Award & IKAPI Award.

Beliau selalu mengisi seminar tentang percepatan rezeki dari kota ke kota bahkan sampai ke luar negeri. Dalam seminar motivasi beliau, beliau selalu menekankan bahwa seorang muslim harus menjadi orang kaya, karena dengan kekayaan banyak yang bisa dilakukan oleh seorang muslim. Beliau juga mengajarkan 3 tips agar kita menjadi orang kaya.

3 Tips Menjadi Kaya Menurut Motivator Ippho Santosa


Berikut adalah 3 tips yang dibagikan oleh ippho santosa dalam seminar beberapa tahun lalu.

1. Dagang/Bisnis
Berdagang/bisnis/berniaga merupakan hal yang sangat dianjurkan. Karena hampir sebagian besar orang kaya adalah orang yang bisnis atau berdagang. Sebagai contoh para sahabat nabi, hampir semuanya berdagang. Abdurahman bin 'Auf orang yang kaya raya merupakan pedangang/pebisinis.

Rasulullah shollalohu 'alaihi wassalam bersabda "Orang yang bertransaksi jual beli masing-masing memilki hak khiyar (membatalkan atau melanjutkan transaksi) selama keduanya belum berpisah. Jika keduanya jujur dan terbuka, maka keduanya akan mendapatkan keberkahan dalam jual beli, tapi jika keduanya berdusta dan tidak terbuka, maka keberkahan jual beli antara keduanya akan hilang". (Muttafaqun 'alaih)

Dan juga beliau shollalohu 'alaihi wassalam juga bersabda "Sebaik-baik pekerjaan adalah pekerjaan seorang pria dengan tangannya dan setiap jual beli yang mabrur." (HR. Ahmad, Al Bazzar, Ath Thobroni dan selainnya, dari Ibnu ‘Umar, Rofi’ bin Khudaij, Abu Burdah bin Niyar dan selainnya).

2. Investasi
Investasi merupakan salah satu cara untuk menjadi kaya raya. Investasi adalah bentuk memutarkan uang agar mendapatkan keuntungan. Contoh Investasi bisa dengan membeli saham, atau bekerja sama dengan orang lain. Yang penting adalah uang yang kita punya jangan sampai menganggur atau hanya di tabung, karena akan tergerus oleh inflasi. Salah satu orang terkaya saat ini adalah waren buffet yang mengembangkan uangnya dengan investasi.

3. Sedekah
Sedekah merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh agama islam. Dengan kita bersedekah maka Alloh akan memberi pahala yang besar dan akan menggantinya dengan berlipat ganda.

Allah Ta'ala berkata,
وَمَآ أَنفَقْتُمْ مّن شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرّازِقِينَ

"Dan barang apa saja yang kalian sedekahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah sebaik-baik Pemberi rezeki." (QS Saba': 39)

Rasul SAW bersabda, “Bersedekahlah kalian, dan jangan (terlalu) lama disimpan dan ditahan. Sebab jika demikian, Allah SWT akan menahan (karunia-Nya) untukmu “ (HR. Bukhari ).

Rasulullah s.a.w bersabda yang maksudnya:”Berilah dan jangan kamu selalu menutupi kepunyaanmu, kerana dengan itu nanti Allah akan menutupi rezekimu.” (Riwayat Bukhari & Muslim).

Itulah 3 Tips Menjadi Kaya Menurut Motivator Ippho Santosa dengan sedikit penambahan redaksi, tetapi intinya sama yaitu Dagang/Bisnis, Investasi dan Sedekah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close