Notification

×

Iklan

Iklan

Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharram

Jumat, 21 Juli 2023 | Juli 21, 2023 WIB Last Updated 2023-07-21T03:45:57Z
Banyumas24jam - bulan muharram atau asyura merupakan bulan pertama di kalender islam atau hijriyyah. Bulan muharram merupakan salah satu dari 4 bulan haram, yaitu Muharram, Dzulqo'dah, Dzulhijjah dan Rajab.

Allah Ta’ala berfirman mengenai bulan haram,

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu." (QS. At-Taubah [9]: 36)

Rasulullah shollalohu 'alaihi wassalam bersabda "Zaman berputar seperti hari Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu terdiri dari 12 bulan, di antaranya 4 bulan Haram, tiga bulan berurutan, Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Adapun Rajab yang juga merupakan bulannya kaum Mudhr, berada di antara Jumadil Akhir dan Sya'ban". (HR Bukhari Muslim)

Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharram

Dalam bulan Muharram, kaum muslimin dianjurkan untuk puasa di hari ke 10 Muharram atau yang di sebut dengan puasa Asyura. Ada beberapa hadist tentang puasa Asyura.

Dari 'Aisyah Radhiyallahu ’anha, beliau berkata,"Orang-orang Quraisy biasa berpuasa pada hari asyura di masa jahiliyyah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun melakukannya pada masa jahiliyyah. Tatkala beliau sampai di Madinah beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan umatnya untuk berpuasa." (HR. Bukhari).

Abu Musa Radhiyallahu 'anhu berkata : "Asyura adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi dan mereka menjadikannya sebagai hari raya, maka Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Puasalah kalian pada hari itu".(HR. Bukhari).

Rasulullah Shallallahu ‘'alaihi wa sallam ditanya tentang puasa di hari Asyura, maka beliau menjawab : "Puasa itu bisa menghapuskan (dosa-dosa kecil) pada tahun kemarin."(HR. Muslim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close