Notification

×

Iklan

Iklan

4 Toko Buku yang Tutup Gerainya di Tahun 2023

Kamis, 25 Mei 2023 | Mei 25, 2023 WIB Last Updated 2023-05-29T04:12:16Z
Banyumas24jam - menurut pepatah, buku adalah jendela dunia. Kenapa disebut jendela dunia? Karena dengan kita banyak membaca buku, pengetahuan yang akan kita dapat begitu banyak.

Tapi apakah di era sekarang masih relevan membaca buku? Jawabanya bisa iya bisa tidak. Karena di era teknologi seperti sekarang, akses informasi dan pengetahuan sudah sangat mudah didapat melalui internet.

Menurut UNESCO, minat baca penduduk Indonesia, berada diurutan kedua dari bawah dengan presentasi hanya 0,001%. Itu artinya dari 1000 orang hanya 1 yang minat membaca. Menurut beberapa pakar, ada beberapa penyebab mengapa toko buku sampai gulung tikar.
  1. Pembaca beralih ke digital
  2. Persaingan dengan toko oline
  3. Biaya operasional tinggi
  4. Pandemi Covid 19
Dengan fenomena yang terjadi saat ini, menjadikan beberapa toko buku terkemuka gulung tikar. Ditahun 2023 ada sekitar 4 toko buku besar di Indonesia menutup gerainya. Dikarenakan minat baca masyarakat sudah sangat kecil. Sehingga toko buku ini mengalami kerugian secara penjualan. Biaya operasional besar tetapi penjualan buku sangat sepi.

Akan sangat mungkin di tahun-tahun mendatang akan banyak lagi toko-toko buku yang menyusul menutup tokonya, karena sepi peminat.

TOKO GUNUNG AGUNG

Merupakan toko yang tertua di Indonesia. Toko Gunung Agung merupakan perintis toko buku dan alat tulis di Indonesia. Toko Gunung Agung didirikan tahun 1953 oleh Tjio Wie Tay atau masagung.

Toko Gunung Agung dikabarkan akan menutup seluruh gerai bukunya di tahun 2023. Penutupan ini dikarenakan perusahaan tidak bisa lagi bertahan karena terus merugi setiap bulannya.

BOOK AND BEYOND

Book and Beyond merupakan salah satu toko buku terbesar di Indonesia. Akan tetapi toko buku ini akan menutup cabangnya di akhir mei 2023 karena akan berfokus ke penjualan online. Sebelum menutup tokonya, Book and Beyond mengadakan penjualan buku dengan diskon sampai 80%.

TOGAMAS

Toko buku Togamas merupakan toko buku lokal di solo. Toko buku ini resmi tutup di bulan juli 2022. Alasan kenapa toko buku ini tutup adalah karena sepinya peminat sehingga penjualan menurun drastis dan juga disebabkan karena pandemi covid 19.

KINOKUNIYA

Toko buku Tokokuniya merupakan jaringan toko buku asala jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1927. Toko buku ini menutup gerainya di plaza senanyan di bulan april 2021, dikarenakan sepinya peminat dan tentunya biaya operasionalnya yang sangat tinggi. Toko buku ini hanya tersisa satu di grang indonesia.

Sumber : Big Alpha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close