Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Bangun Sahur Lebih Ringan

Rabu, 22 Maret 2023 | Maret 22, 2023 WIB Last Updated 2023-03-22T15:32:05Z
Banyumas24jam - bagi sebagian orang, bangun untuk makan sahur adalah hal yang sangat berat. Beratnya kita bangun untuk sahur, terjadi oleh beberapa sebab. Dan yang paling umum adalah kurangnya kita memanajemen waktu dengan baik.

Makan sahur adalah hal yang sangat penting, karena dengan kita makan sahur akan membuat puasa kita akan lebih ringan. Karena dengan aktivitas kita di siang hari saat berpuasa memungkinkan sekali akan menguras tenaga. Dengan kita sahur makan akan ada cadangan makanan pengganti sarapan.

Trik dan Tips Bangun Sahur Lebih Ringan

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar bangun sahur menjadi lebih ringan dan tetap semangat, antara lain:

1. Tidur maksimal pukul 22.00
Hal yang sangat penting agar bisa bangun untuk sahur adalah tidur lebih cepat. Dengan kita tidur lebih awal akan memungkinkan kita bangun dengan lebih ringan. Dengan bangun sahur pukul 03.00 pagi, tidur maksimal pukul 22.00 bisa dikatakan sangat cukup. Dengan waktu sekitar 6 jam waktu tidur, akan membuat tubuh lebih segar waktu bangun untuk sahur. Maka dari itu tidur lebih awal adalah kunci agar bisa bangun sahur dengan semangat dan lebih enteng.

2. Hindari makan berlebihan setelah sholat tarawih / sebelum tidur
Ini juga sangat banyak terjadi di masyarakat. Kebanyakan dari kita, setelah kita melaksanakan ibadah sholat tarawih kemudian kita makan malam dengan porsi yang banyak. Dengan banyaknya makanan yang masuk ke perut kita, menjadikan kinerja lambung kita akan berat dan akan membuat lambung kita menjadi kelelahan dan menjadikan kita akan berat untuk bangun sahur.

3. Hindari olahraga Berat sebelum tidur
Olahraga berat di malam hari, tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan. Karena bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan, baik ringan maupun serius bahkan sampai bisa menimbulkan kematian. Dengan olahraga berat di malam hari, stamina tubuh kita akan banyak terkuras, dan akan membuat badan kita menjadi kelelahan.

Dengan tubuh yang mengalami kelelahan akan sangat butuh waktu cukup lama untuk recovery kembali ke kondisi fit seperti semula. Maka dari itu hindarilah olahraga berat di malam hari saat bulan ramadhan.

4. Pasang Alarm
Mungkin ini hal yang sudah sangat umum dilakukan oleh kebanyakan orang. Dengan memasang alarm, sangat memungkinkan kita untuk bangun lebih tepat waktu dan cepat.

5. Berdo'a
Berdo'a adalah bahasa lain dari meminta kepada-Nya. Dengan kita meminta pertolongan kepada-Nya, dengan harapan Alloh akan membangunkan kita dengan mudah untuk bangun di waktu sahur. Jadi jangan malas-malas untuk berdoa dan jangan pernah menganggap remeh do'a.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita bisa bangun untuk sahur dengan lebih ringan. Karena dengan kita bisa bangun sahur dengan kondisi yang segar, banyak ibadah yang bisa kita lakukan saat waktu sahur kita. Selamat mencoba, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close