Notification

×

Iklan

Iklan

Pembersih Paru-paru bagi perokok, ala Dr. Zaidul Akbar

Minggu, 01 Januari 2023 | Januari 01, 2023 WIB Last Updated 2023-01-01T02:33:16Z
Foto : HonestDocs

Banyumas24jam.com - merokok adalah hal yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena berbagai efek kesehatan akan terjadi kalau kita menjadi perokok, seperti yang tertera di bungkus rokok yaitu "Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan & janin". Perokok dibagi menjadi dua, yaitu perokok aktif dan perokok pasif. Perokok aktif adalah orang yang melakukan kebiasaan merokok secara aktif, sedangkan perokok aktif adalah orang yang hanya menghirup asap rokok.

Aktifitas merokok bisa merusak paru-paru. Asap rokok yang terhirup dan masuk ke dalam paru-paru bisa menyebabkan berbagai masalah di paru-paru seperti radang, bronchitis, pneumonia, bahkan bisa sampai menyebabkan kanker paru-paru. Berhenti merokok memang persoalan yang tidak mudah, tentunya butuh niat dan tekad yang kuat. Kebanyakan orang akan berhenti merokok jika sudah terjadi penurunan kesehatan. Dr. Zaidul akbar menjelaskan ada beberapa makanan atau ramuan yang bisa membersihkan paru-paru akibat merokok.

Pembersih Paru-paru Menurut Dr. Zaidul Akbar

1. Air Kelapa
Menurut Dr. Zaidul Akbar, Air kelapa membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh. Racun dalam paru-paru bisa hilang.

2. Jahe
Jahe bersifat panas atau hangat, sehingga bisa membantu mengencerkan lendir atau dahak di tenggorokan dan paru-paru.

3. Kunyit
Dr. Zaidul akbar mengatakan dalam kunyita ada namanya zat aktif kurkumin, ada di dalam kunyit itu. Tugasnya melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas

4. Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menangkal pertumbuhan sel kanker di paru-paru.

5. Bawang Putih
Bawang putih mengandung zat antibakteri yang bisa menangkal infeksi pada paru-paru. Selain itu bawang putih juga terbukti bisa memperbaiki gejala asma serta menangkal risiko kanker paru-paru.

Bahan-bahan diatas sangat mudah ditemui, dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Bahkan ada beberapa yang bisa kita tanam sendiri di pekarangan rumah, seperti kunyit dan jahe.

Itulah beberapa jenis rempah atau makanan yang bisa membersihkan paru-paru akibat merokok. Tetapi tentunya paling baik bagi perokok adalah segera berhenti merokok, sebelum berbagai hal yang mengganggu kesehatan akibat rokok terjadi pada diri kita. Karena kesehatan sangat mahal harganya. Bahkan ada pepatah mengatakan, "Kesehatan bukanlah segala-galanya, tetapi tanpa kesehatan segala-galannya akan tidak berarti" dengan kata lain jika jika punya uang 100 triliyun, tetapi stroke, maka uang 100 triliyun seperti tidak berharga. Maka dari itu mulai sekarang berhentilah merokok!! dan bagi yang masih merokok konsumsilah beberapa hal di atas secara rutin. Salam sehat!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close