Notification

×

Iklan

Iklan

Resep Detox Usus menurut Dr. Zaidul Akbar

Rabu, 02 November 2022 | November 02, 2022 WIB Last Updated 2022-11-10T07:47:58Z
Resep Detox Usus menurut Dr. Zaidul Akbar
Foto : SehatQ

Usus merupakan salah satu dari komponen dari tubuh kita yang bekerja untuk mencerna makanan. Usus adalah komponen di dalam tubuh yang sangat vital. Jika usus kita kotor maka akan timbul beberapa hal pada tubuh kita. Apalagi di zaman sekarang begitu banyak model kuliner dan begitu mudah kita dapatkan.

Beberapa hal yang akan ditimbulkan jika usus kita kotor


1. Bau Mulut
Bau mulut terjadi karena usus kita penuh dengan plak sisa makanan. Dengan banyaknya sisa makanan yang tidak tercerna dengan baik di usus akan menimbulkan gas yang akan menyebabkan bau mulut

2. Sembelit / Susah Buang Air Besar
Beberapa orang sering mengalami sembelit atau susah buang air besar. Sembelit ini terjadi jika usus kurang menghasilkan lendir yang akan memperlanjar saluran pembuangan sisa makanan di dalam usus kita.

3. Cepat lelah
Tanda usus kotor berikutnya ialah tubuh terasa cepat lelah. Kondisi ini bisa terjadi karena racun akibat sampah makanan yang mengotori usus masuk ke dalam darah melalui saluran limfa. Akibatnya Anda cepat lelah, sistem kekebalan menurun, dan berisiko terkena penyakit infeksi.

4. Gemuk
Jika usus kotor maka akan menimbulkan kegemukan atau obesitas. Dan pastinya dengan tubuh yang gemuk sangat rentan menimbulkan berbagai macam penyakit, semisal Diabetes, Kolesterol, Asam urat dll.

Dr. zaidul Akbar dalam buku milik beliau JSR (Jurus Sehat Rasulullah) menyebutkan ramuan atau resep mudan mendetoks atau membersihkan usus kita, agar beberapa hal seperti diatas hilang atau tidak terjadi. Dr. zaidul akbar menyebutkan bahwa Buah Alpukat merupakan buah yang bisa membersihkan usus kita. Buah yang mudah didapat ini pastinya selain enak dikonsumsi juga mempunyai manfaat yang banyak salah satunya untuk membersihkan usus kita.

Resep Detox Usus

  • 1 buah alpukat
  • 1/2 sdm kopi bubuk
  • 2 sdm madu murni
  • Air secukupnya

Caranya membuat:
  • Blender semua bahan sampai halus, minum sebelum makan.

Selain menggunakan resep tersebut diatas, tentunya gaya hidup sehat juga sangat diperhatikan sebagai ikhtiar paling bagus. Resep detox diatas hanya sebagai pelengkap gaya hidup sehat kita. Selain mengkonsumsi rutin resep diatas, kita juga harus menjalankan pola hidup sehat kita agar usus dan komponen tubuh lain tetap sehat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan setiap hari agar kesehatan tubuh kita terjaga.

Beberapa Gaya Hidup Agar Usus Sehat


1. Jalani pola makan yang sehat
Dengan pola makan yang sehat dan cukup serat dan buah akan sangat berpengaruh yang baik untuk usus.

2. Perbanyak minum air putih
Selain berfungsi untuk menghidrasi tubuh, minum air putih juga memberikan manfaat bagi kesehatan pencernaan. Anda disarankan minum air putih setiap hari setidaknya 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter air. Konsumsi juga makanan dengan kandungan air tinggi seperti semangka, tomat, selada, dan seledri.

3. Rutin olahraga
Dengan penumpukan lemak dan plak diusus, sangat beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit termasuk kanker. Dengan kita rutin berolahraga, maka sisa-sisa lemak dalam tubuh akan terbakar dan hilang. Olahraga bisa membantu meningkatkan aliran darah ke otot pada sistem pencernaan. Otot akan bekerja lebih cepat dan efektif dalam menggerakkan makanan di sepanjang saluran pencernaan.

Demikianlah resep yang sederhana yang bisa dijadikan detox atau pembersih usus pada tubuh kita. Dengan rutin mengkonsumsi ramuan diatas dan dengan dukungan pola hidup sehat pastinya akan bereferk baik untuk tubuh kita. Salam Sehat..

Sumber : siloamhospitals, JSR Zaidul Akbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close