Notification

×

Iklan

Iklan

Objek Wisata Curug Jenggala

Selasa, 15 November 2022 | November 15, 2022 WIB Last Updated 2022-12-03T01:27:01Z
Foto IG @curug_jenggala

Banyumas24jam - curug jenggala merupakan salah satu objek wisata di Banyumas. Curug Jenggala beralamat di dusun Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturraden. Sekitar 15 menit dari Objek Wisata Baturraden. Salah satu keindahan curug jenggala adalah curug ini mempunyai 3 air terjun yang sejajar, sehingga terlihat sangat indah.

Awal mulanya objek wisata ini bernama Curug Tempuan. Karena Curug ini merupakan pertemuan dari beberapa sungai yang bergabung menjadi satu. Karena tragedi ini warga setempat mengadakan musyawarah bersama petinggi desa. Musyawarah ini membahas tentang perubahan nama curug tersebut. Sehingga curug tersebut berubah nama menjadi Curug Jenggala. Nama ini didapat dari rujukan nama juru kunci hutang yaitu bapak Jenggala. Jenggala sendiri berarti Kstaria Piningit atau kstaria utama menurut warga setempat.Curug Jenggala berada di antara dua bukit. Jika digabungkan dari masing-masing namanya mempunyai arti yakni air surga. Sungai pada curug ini merupakan pertemuan antara Sunggai Banjaran dan Sungai Mertelu yang bersatu. Dan di tengah-tengahnya terdapat situs yang bernama "Batur Semendeh". (Sumber : Wikipedia)

Objek Wisata ini buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 - 16.00 WIB. Dengan harga tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Dengan harga tiket yang relatif murah, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Dengan fasilitas untuk spot foto yang instagramable akan menjadikan pengunjung menjadi bahagia.
Curug Jenggala

Rute Menuju Curug Jenggala

Rute menuju curug yang satu ini terbilang cukup mudah. Kita awali perjalanan dari Alun-alun Purwokerto. Dari alun-alun Purwokerto, kita menuju ke utara melewati Jl. Ahmad Yani, terus ke utara sampai ke Jl. Raya Baturraden barat lurus sampai melewati Small World. Dari Small World terus ke utara, sekitar 300 meter, belok kiri ke arah curug bayan, ketenger. Dari curug Bayan naik ke Kalipagu dan teruskan jalan melewati pemandangan indah kalipagu terus sampai ke Curug Jenggala.
Curug Jenggala
Para pengunjung akan memarkirkan kendaraannya di area dekat pemukiman penduduk, karena motor tidak bisa langsung ke curug jenggala. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju lokasi utama Curug Jenggala. Meskipun trekkingnya jauh, namun selama di perjalanan suasananya sangat menyenangkan, bahkan banyak sudut yang cocok untuk melakukan selfie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close