Notification

×

Iklan

Iklan

7 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Sabtu, 01 Oktober 2022 | Oktober 01, 2022 WIB Last Updated 2022-10-09T14:15:56Z
SehatQ

7 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari - di pagi hari merupakan waktu dimana tubuh telah melakukan metabolisme setelah istirahat tidur. Makanan yang paling baik dipagi hari adalah air putih. Yang terbaik adalah air putih yang dingin alami. Maksud air putih dingin alami adalah air putih yang kita biarkan dingin sendiri.

Air putih mempunyai banyak sekali manfaat pada tubuh kita, karena air putih tidak mengandung kalori sehingga menyehatkan tubuh kita. Menurut penelitian medis, normalnya air putih dikonsumsi sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Dan bisa dalam keadaan tertentu kita diharuskan mengkonsumsi air putih melebihi 8 gelas, semisal sehabis berolah raga, saat diare, saat demam dan cuaca panas.

Air putih memang menyehatkan, tetapi tetap tidak semua air putih dapat dikonsumsi. Ada beberapa ketentuan air minum yang aman dan layak konsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI, yaitu:
  • Tidak memiliki rasa
  • Tidak berbau dan berwarna
  • Tidak mengandung bakteri
  • Tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

1. Mencegah Batu Ginjal

Dengan mengkonsumsi air putih dipagi hari dengan teratur, dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal, misalnya asam urat. Bahkan bagi orang yang pernah menderita batu ginjal dengan mengkonsumsi air putih dapat mencegah timbulnya kembali kristal batu ginjal.


2. Menjaga Kesehatan Kulit dan kelembaban bibir

Menurut penelitian air putih sangat baik untuk kesehatan kulit kita. Dengan banyak kita mengkonsumsi air putih maka cairan di dalam tubuh kita akan tercukupi, sehingga tidak membuat kulit kita menjadi kering. Selain menjadikan kulit menjadi sehat, konsumsi air putih yang teratur juga akan menjadikan bibir kita menjadi lembab dan tidak kering.


3. Mencegah Dehiderasi Tubuh

Dehiderasi adalah saat dimana tubuh kekurangan cairan, ini disebabkan karena kita kurang dalam mengkonsumsi air putih. Dehiderati tidak boleh dianggap remeh karena akan berdampak berbahaya bagi tubuh. Efek dari dehiderasi bisa menyebabkan kerusakan ginjal.


4. Membuat Tubuh Fit

Dengan mengkonsumsi air putih di pagi hari, maka asupan cairan dalam tubuh akan terpenuhi. Dengan asupan air putih yang teratur, maka akan menjaga stamina dan menjadikan tubuh kita menjadi fit. Dengan tubuh yang fit maka aktivitas menjadi lebih baik dan produktif.


5. Pencernaan Menjadi Baik

Sembelit biasanya terjadi dikarenakan tubuh kurang asupan air putih. Sembelit adalah dimana BAB (Buang Air Besar) kurang lancar. Sembelit bisa sangat mengganggu aktivitas. Dan sembelit bisa juga menyebabkan penyakit. Dengan banyak mengkonsumsi air putih, maka akan menghilangkan sembelit.


6. Menjaga Konsenterasi

Dengan asupan air putih di pagi hari, maka maka akan memperbaiki kinerja otak kita, sehingga konsenterasi dalam aktivitas menjadi lebih baik. Maka janganlah lupa konsumsi air putih di pagi hari setiap hari.


7. Detox Usus

Metabolisme dalam tubuh akan menjadi lancar dengan banyak mengkonsumsi air putih. Metabolisme tubuh yang baik akan maka akan memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Hal ini tentunya berdampak baik pada tubuh termasuk Detox bagi usus. Menghilangkan lemak-lemak yang ada di tubuh/usus sehingga berat badan berlebih juga akan berkurang dan menjadikan tubuh sehat.


Dengan begitu banyaknya manfaat yang akan kita peroleh jika kita teratur mengkonsumsi air putih setiap hari, sudah seyogyanya kita rutinkan. Penelitian membuktikan salah satu pola hidup sehat adalah salah satunya dengan teratur mengkonsumsi air putih setiap hari. Minimal 8 gelas setiap hari. Tetapi perlu digaris bawahi konsumsi air putih tidak boleh berlebihan dimalam hari, karena dimalam hari adalah waktu tubuh untuk istirahat. Jika kita berlebihan konsumsi air putih dimalam hari, otomatis kita akan sering buang air kecil dan ini akan mengganggu kinerja ginjal. Salam sehat.

Sumber : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close