Notification

×

Iklan

Iklan

Mustajabnya Do'a Antara Adzan dan Iqomah

Selasa, 20 September 2022 | September 20, 2022 WIB Last Updated 2022-09-22T07:41:41Z
Do'a Antara Adzan dan Iqomah
Mustajabnya Do'a Antara Adzan dan Iqomah - Diantara waktu-waktu yang mustajab untuk berdo'a adalah di waktu antara adzan dan iqomah. Banyak yang mengetahui, banyak juga yang tidak mengetahuinya. Bagi yang mengetahuinya tentunya akan serius di waktu ini, setelah sholat Qobliyah mereka memanjatkan doa, dengan serius dan menengadahkan tangan.

Akan tetapi bagi yang tidak mengetahuinya atau belum mengetahuinya, biasanya ada yang main hape, ada yang ngobrol dengan temannya ada juga yang bengong alias ngelamun. Bagi yang sudah mengetahui keutamaannya, meninggalkan Do'a Antara Adzan dan Iqomah adalah suatu kerugian. Karena waktu tersebut adalah waktu yang mustajab.

Berdoa sendiri adalah ibadah yang sangat dianjurkan oleh Alloh subhanahu wata'alaa. Sebagaimana Firmana Alloh subhanahu wata'alaa dalam surat Al Mu'min. Allah Ta’ala berfirman,

“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al-Mu’min: 60)


Alloh subhanahu wata'alaa justru menganggap orang yang tidak mau berdoa kepada-Nya adalah orang yang sombong.

Dalil Mustajabnya Do'a Antara Adzan dan Iqomah

Didalam mengamalkan suatu amalan tentunya harus mempunyai dasar yang kuat atau dalil yang kuat sebagai dasar suatu amalan. Tentunya dalil atau dasar tersebut bersumber dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam atau pendapat 'ulama yang terpercaya. Berikut adalah beberapa dalil yang menguatkan tentang mustajabnya waktu antara adzan dan iqomah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa (yang dipanjatkan) di antara adzan dan iqamah, maka berdoalah (di waktu itu).” (HR. Ahmad no. 12584, sanad hadits ini shahih sebagaimana penilaian Syaikh Syu’aib Al-Arnauth)


Dalam riwayat yang lain disebutkan,
“Doa itu tidak tertolak (jika dipanjatkan di antara) adzan dan iqamah.” (HR. Tirmidzi no. 212 dan 3595, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani)


Sedangkan dalam riwayat Abu Dawud dengan lafadz,
“Doa itu tidak tertolak (jika dipanjatkan di antara) adzan dan iqamah.” (HR. Abu Dawud no. 521, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani)

Itulah dalil yang menyebutkan keutamaan berdoa di waktu adzan dan Iqomah. Hendaklah setiap muslim memperhatikannya.

Do'a yang dibaca Waktu Antara Adzan dan Iqomah

Kemudian do'a apa yang dibaca pada waktu Antara Adzan dan Iqomah? Jawabannya adalah semua do'a. Do'a apapun untuk kebaikan dunia dan akhirat adalah doa terbaik dan salah satu doa yang paling sering dibaca rasulullah. Jadi tidak ada dalil yang menyebutkan harus berdoa dengan khusus. Jadi kita bebas untuk berdoa dengan doa yang sesuai kebutuhan kita.

Oleh karena itu setelah kita mengetahui bahwa Antara Adzan dan Iqomah adalah waktu yang mustajab, hendaknya kaum muslimin memperhatikan hal ini dan tidak menyibukkan dirinya dengan hal-hal yang tidak bermanfaat ketika sedang menunggu iqamat untuk sholat. Wallohu Ta'alaa A'lam Bishshowaab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close