Notification

×

Iklan

Iklan

Lupa Makan dan Minum Saat Puasa, Apakah Puasanya Batal?

Kamis, 01 September 2022 | September 01, 2022 WIB Last Updated 2022-12-03T07:36:37Z
Foto : channel9

Banyumas24jam.com - kadang orang yang sedang berpuasa, apalagi awal-awal bulan ramadhan terkadang lupa makan dan minum saat berpuasa. Disamping karena baru berpuasa, aktivitas yang menguras tenaga bisa menjadikan orang lupa makan dan minum saat berpuasa. Lalu Bagaimana Hukumnya Makan dan Minum di Siang hari Bulan Ramadhan dikarenakan Lupa?

Salah satu 'Ulama besar di Saudi Arabia, yaitu Al 'Allamah Syekh Bin Baz Rahimahullah pernah ditanya Bagaimana Hukumnya Makan dan Minum di Siang hari Bulan Ramadhan dikarenakan Lupa?

Beliau menjawab : Tidak apa-apa, Puasanya tetap SAH..!!

Beliau berdalil dengan sebuah hadist, yaitu Rasulullah Shollalohu 'alaihi Wassalam bersabda "Barangsiapa lupa saat berpuasa, lalu makan dan minum, maka tetaplah meneruskan puasanya, karena yang memberi makan dan minum kepadanya adalah Allah." (Muttafaq 'alaih).

Dan juga sabda Rasulullah Shollalohu 'alaihi Wassalam, "Barangsiapa berbuka karena lupa, maka tak ada qadha` atasnya dan tak ada pula kaffarat (penebus)." (HR. Al-Hakim dan ia mensahihkannya).

Dari kedua hadist diatas, sangat jelas dan tegas, kalau kita makan dan minum di siang hari saat berpuasa hukumnya tidak apa-apa dan puasanya tetap sah. Demikian juga jika seseorang berhubungan badan di siang hari karena lupa, maka dia tidak wajib mengqodho puasanya. Wallohu Ta'alaa A'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close