Notification

×

Iklan

Iklan

Bersholawat Setiap Hari, Rasakan Manfaatnya

Kamis, 22 September 2022 | September 22, 2022 WIB Last Updated 2022-10-01T14:37:57Z
Foto: Expedia

Bersholawat Setiap Hari, Rasakan Manfaatnya - Sholawat kepada Nabi Muhammad Shollalohu 'Alaihi Wassalam sangat dianjurkan dalam agama islam. Dengan kita banyak bersholawat, maka kita akan terasa lebih dekat dengan Rasulullah Muhammad Shollalohu 'Alaihi Wassalam.

Allah Subhanahu Wata'alaa berfirman dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 56. Yang artinya "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

Sholawat dibagi menjadi dua, sholawat yang terikat waktu dan sholawat yang tidak terikat waktu. Sholawat yang terikat waktu contohnya sholawat ketika tasyahud akhir dalam sholat, ketika masuk dan keluar masjid, ketika selesai adzan dll. Adapun sholawat yang tidak terikat waktu bisa dilakukan kapanpun, kecuali sedang buang hajat. Seperti dijelaskan oleh Ibnul Qoyim Al Jauziyyah dalam kitab beliau "Jalalul Afham", beliau rahimahullah ta'alaa memaparkan bahwasanya sholawat mempunyai 41 keutamaan, baik keutamaan di dunia maupun di akhirat. Beliau menjelaskan keutamaan-keutamaan sholawat beserta dalil yang shahih yang menguatkannya.

Salah satu sahabat Rasulullah Shollalohu 'Alaihi Wassalam yaitu Ubay bin Ka'ab Radhiyallohu Ta'alaa anhu pernah bertanya kepada beliau Shollalohu 'Alaihi Wassalam: "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila telah berlalu dua per tiga malam bangun dan berkata: “Hai manusia, berdzikirlah kalian kepada Allah, berdzikirlah kalian kepada Allah. Pasti datang tiupan pertama yang menghancurkan alam. Lalu mengikutinya tiupan kedua yang membangkitkan. Kematian dan semua yang ada padanya pasti datang. Kematian dan semua yang ada padanya pasti datang.” Ubay bertanya: “Wahai Rasulullah, saya ingin memperbanyak shalawat untukmu, berapa banyak aku harus bershalawat untukmu dari do’aku?” Beliau menjawab: “Terserah kamu.” Ubay bertanya: “seperempat?” Beliau menjawab: “Terserah kamu. Jika kamu tambah, itu baik untukmu.” Ubay bertanya: “Kalau setengah?” Beliau menjawab: “Terserah kamu. Jika kamu tambah, itu baik untukmu.” Ubay bertanya lagi: “Kalau dua per tiga?” Beliau menjawab: “Terserah kamu. Jika kamu tambah, itu baik untukmu.” Ubay bertanya: “Kalau begitu aku jadikan do’aku semuanya untuk (bershalawat atas)-mu.” Beliau menjawab: “Jika demikian, pasti dicukupkan kebutuhanmu dan diampuni dosamu.” (HR. at-Tirmidzi).

Keutamaan Yang Akan di Dapat Jika Banyak Bersholawat

1. Jika kita bersholawat 1 kali maka Alloh akan bersholawat kepada kita 10 kali

Rasulullah Shollalohu 'Alaihi Wassalam bersabda "Jika kalian mendengar orang yang adzan maka ucapkanlah seperti apa yang ia ucapkan dan bershalawatlah untukku karena barangsiapa yang bershalawat untukku sekali maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali, kemudian  mintalah wasilah (kedudukan mulia di surga) untukku, karena ia adalah suatu kedudukan di surga yang tidak pantas diberikan kecuali kepada seorang hamba dari hamba-hamba Allah dan semoga akulah hamba itu, maka barangsiapa yang memohon untukku wasilah maka  ia berhak mendapatkan syafa'at."  (H.R. Muslim)

2. Alloh akan mencukupkan semua kebutuhan kita

Ubay bin ka'ab Radhiyallohu Ta'alaa anhu bertanya: “Wahai Rasulullah, saya ingin memperbanyak shalawat untukmu, berapa banyak aku harus bershalawat untukmu dari do’aku?” Beliau menjawab: “Terserah kamu.” Ubay bertanya: “seperempat?” Beliau menjawab: “Terserah kamu. Jika kamu tambah, itu baik untukmu.” Ubay bertanya: “Kalau setengah?” Beliau menjawab: “Terserah kamu. Jika kamu tambah, itu baik untukmu.” Ubay bertanya lagi: “Kalau dua per tiga?” Beliau menjawab: “Terserah kamu. Jika kamu tambah, itu baik untukmu.” Ubay bertanya: “Kalau begitu aku jadikan do’aku semuanya untuk (bershalawat atas)-mu.” Beliau menjawab: “Jika demikian, pasti dicukupkan kebutuhanmu dan diampuni dosamu.” (HR. at-Tirmidzi)

3. Sholawat adalah sebab terkabulnya do'a

Rasulullah Shollalohu 'Alaihi Wassalam bersabda "Semua doa itu terhalang, sampai dibacakan shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam." (HR. Ath-Thabarani No. 821)

Yang dimaksud dari hadist ini adalah, setiap kita berd'oa harus diawali dan diakhiri dengan sholawat kepada Rasulullah Shollalohu 'Alaihi Wassalam.

4. Menjadi orang yang paling dekat dengan Rasulullah di Hari kiamat

Rasulullah Shollalohu 'Alaihi Wassalam bersabda "Shalawat dan doa umatku sampai kepadaku pada setiap hari Jumat, orang yang paling banyak bershalawat kepadaku di antara mereka adalah orang yang paling terdekat denganku kedudukannya." (HR. Al-Baihaqi No. 5995)

Itulah beberapa keutamaan yang akan kita peroleh jika kita banyak bersholawat. Bersholawat adalah hal yang sangat mudah dilakukan, tidak menghabiskan waktu, dan bisa dilakukan kapan saja. Maka dari itu, setelah kita tau manfaat sholawat, segeralah kita mengamalkannya dan rasakan manfaatnya. Wallohu ta'alaa a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close