Notification

×

Iklan

Iklan

Sate Ambal, Sate khas Kebumen

Selasa, 09 Mei 2023 | Mei 09, 2023 WIB Last Updated 2023-05-17T09:02:27Z
Banyumas24jam - sate adalah makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Berbagai daerah mempunyai sate dengan dengan berbagai citarasa. Salah satu sate yang terbilang nikmat dan menjadi buruan orang adalah sate Ambal. Dinamakan sate Ambal karena sate ini berasal dari daerah Ambal, daerah pesisir selatan di Kabupaten Kebumen, Jawa tengah.

Sate ambal sedikit berbeda dengan sate-sate di daerah lain. Sate ambal mempunyai ciri khas dari bumbu atau saosnya. Kalau di daerah banyumas, saos yang digunakan adalah saos sambal kacang, sedangkan saos untuk pelengkap sate ambal adalah berasal dari bahan tempe yang dihaluskan, dengan dilengkapi rempah yang gurih.

Saos tempe sate ambal ini bercitara manis gurih. Cara pembuatan Sate Ambal sama dengan sate dari daerah lainnya di Indonesia. Daging ayam dipotong-potong dan ditusukan ke tusuk sate. Sebelum dibakar, semua bumbu awal yang dihaluskan akan dilumurkan ke daging ayam yang sudah dipotong.

Diamkan selama minimal 2 jam sampai bumbunya meresap dan sate pun siap dibakar seperti biasa. Pembakaran dengan arang batok kelapa selama 3 sampai 5 menit hingga matang sempurna. Kalau di daerah lain, tusuk sate yang digunakan biasanya menggunakan bambu, sementara sate ambal tusuk sate yang digunakan biasanya terbuat dari lidi.

Sate ambal banyak ditemui di daerah kebumen. Banyak penjual sate ambal di sepanjang jalan daerah Gombong, kebumen. Sate ambal terbilang cukup murah, dengan satu tusuk sate dengan daging yang tebal.

Resep Sate Ambal

1. Bawang merah
2. Bawang putih
3. Merica
4. Ketumbar
5. Kemiri
6. Pala
7. Kunyit
8. Jahe
9. Tempe
10. Gula jawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close