Notification

×

Iklan

Iklan

Perlu Diwaspadai!! Ini Ciri-ciri Darah Tinggi (Hipertensi)

Selasa, 02 Mei 2023 | Mei 02, 2023 WIB Last Updated 2023-06-24T01:02:32Z
Ciri-ciri Darah Tinggi
Banyumas24jam - Tekanan darah tinggi adalah kondisi umum yang mempengaruhi arteri tubuh. Namanya juga hipertensi. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, kekuatan darah yang mendorong dinding arteri secara konsisten terlalu tinggi. Jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Tekanan darah diukur dalam milimeter air raksa (mm Hg). Secara umum, hipertensi adalah pembacaan tekanan darah 130/80 mm Hg atau lebih tinggi. American College of Cardiology dan American Heart Association membagi tekanan darah menjadi empat kategori umum. Tekanan darah ideal dikategorikan normal.)

Tekanan darah normal. Tekanan darah 120/80 mm Hg atau lebih rendah.

Tekanan darah tinggi.
Angka atas berkisar antara 120 hingga 129 mm Hg dan angka bawah di bawah, bukan di atas, 80 mm Hg.
Hipertensi stadium 1.
Angka atas berkisar antara 130 hingga 139 mm Hg atau angka bawah antara 80 dan 89 mm Hg.
Hipertensi tahap 2.
Angka atas 140 mm Hg atau lebih tinggi atau angka bawah 90 mm Hg atau lebih tinggi.

Tekanan darah yang lebih tinggi dari 180/120 mm Hg dianggap darurat atau krisis hipertensi. Cari bantuan medis darurat untuk siapa pun dengan angka tekanan darah ini.

Jika tidak diobati, tekanan darah tinggi meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya. Penting untuk memeriksakan tekanan darah Anda setidaknya setiap dua tahun mulai dari usia 18 tahun. Beberapa orang membutuhkan pemeriksaan yang lebih sering. Kebiasaan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, berolahraga, dan makan dengan baik dapat membantu mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi. Beberapa orang membutuhkan obat untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Gejala

Kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala, bahkan jika pembacaan tekanan darah mencapai tingkat yang berbahaya. Anda bisa mengalami tekanan darah tinggi selama bertahun-tahun tanpa gejala apapun.

Beberapa orang dengan tekanan darah tinggi mungkin memiliki:
1. Sakit kepala
2. Sesak napas
3. Mimisan

Namun, gejala ini tidak spesifik. Mereka biasanya tidak terjadi sampai tekanan darah tinggi telah mencapai tahap yang parah atau mengancam jiwa.

Kapan harus ke dokter

Skrining tekanan darah adalah bagian penting dari perawatan kesehatan umum. Seberapa sering Anda harus memeriksakan tekanan darah tergantung pada usia dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Minta penyedia Anda untuk membaca tekanan darah setidaknya setiap dua tahun mulai dari usia 18 tahun. Jika Anda berusia 40 atau lebih, atau Anda berusia 18 hingga 39 tahun dengan risiko tinggi tekanan darah tinggi, mintalah pemeriksaan tekanan darah setiap tahun.

Penyedia perawatan Anda kemungkinan akan merekomendasikan pembacaan yang lebih sering jika memiliki tekanan darah tinggi atau faktor risiko lain untuk penyakit jantung. Anak-anak berusia 3 tahun ke atas dapat mengukur tekanan darah sebagai bagian dari pemeriksaan tahunan mereka.

Jika Anda tidak mengunjungi penyedia perawatan secara teratur, Anda mungkin bisa mendapatkan pemeriksaan tekanan darah gratis di pameran sumber daya kesehatan atau lokasi lain di komunitas Anda. Mesin tekanan darah gratis juga tersedia di beberapa toko dan apotek. Keakuratan mesin ini bergantung pada beberapa hal, seperti ukuran manset yang tepat dan penggunaan mesin yang tepat. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda untuk saran tentang penggunaan mesin tekanan darah publik.

Sumber: mayoclinic.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close