Notification

×

Iklan

Iklan

Keutamaan Bulan Dzulqo'dah

Minggu, 21 Mei 2023 | Mei 21, 2023 WIB Last Updated 2023-05-21T12:17:54Z
Banyumas24jam - bulan dzulqo’dah merupakan salah satu dari bulan-bulan dalam islam. Bulan ini biasa disebut bulan Apit dalam tradisi jawa. Kenapa disebut bulan apit karena bulan dzulqo’dah dikarenakan bulan ini terapit oleh dua bulan besar, yaitu Syawal dan Dzulhiijah.

Allah Ta’ala berfirman mengenai bulan haram,

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu." (QS. At-Taubah [9]: 36)

Bulan Dzulqo'dah termasuk 4 dari bulan-bulan haram, seperti yang disebutkan dalam sebuah riwayat, Rasulullah shollalohu 'alaihi wassalam bersabda "Zaman berputar seperti hari Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu terdiri dari 12 bulan, di antaranya 4 bulan Haram, tiga bulan berurutan, Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Adapun Rajab yang juga merupakan bulannya kaum Mudhr, berada di antara Jumadil Akhir dan Sya'ban". (HR Bukhari Muslim)

Bulan Haram mempunyai keutamaan yang sangat besar di sisi Alloh subhanahu wata'alaa. Dan biasanya umat muslim kebanyakan melalaikan salah satu bulan yaitu bulan dzulqo'dah.

Keutamaan Bulan Dzulqo'dah

Ibnu katsir rahimahullah menjelaskan dalam tafsir beliau, "Allah mengkhususkan empat bulan tersebut dan menjadikannya bulan haram. Allah jadikan melakukan perbuatan dosa pada saat itu lebih besar, sedangkan beramal salih diberi pahala lebih besar juga."

Dari penjelasan ibnu katsir rahimahullah ta'alaa tersebut, bisa diambil kesimpulan :
  1. Barang siapa melakukan suatu amal ibadah di 4 bulan tersebut maka Alloh akan melipatgandakan pahala setiap amal ibadah yang kita kerjakan di bulan selain 4 bulan tersebut
  2. Sebaliknya jika kita melakukan maksiat di 4 bulan haram tersebut, maka Alloh akan melipatgandaka dosa setiap maksiat yang kita kerjakan di bulan selain 4 bulan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close