Notification

×

Iklan

Iklan

3 Waktu Untuk Membaca Al Quran di Bulan Ramadhan bagi Karyawan

Kamis, 06 April 2023 | April 06, 2023 WIB Last Updated 2023-04-07T02:54:03Z
Banyumas24jam - membaca Al Qur'an adalah hal yang sangat di anjurkan untuk setiap kaum muslimin setiap hari. Terutama di bulan Ramadhan. tentunya setiap ramadhan setiap dari kita mempunyai target khatam al quran beberapa kali.

Dengan kita bersemangat dan dengan mengatur waktu membaca Al qur'an maka target khatam akan lebih tepat. Pahala membaca Al quran sangat besar, Seperti sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam seperti hadist di bawah ini.

Aisyah radhiyallahu 'anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala" (HR. Muslim).

Berikut adalah 3 waktu membaca Alquran di bulan Ramadhan

1. Waktu Ba'da Subuh
         Waktu ba'da subuh atau setelah subuh merupakan waktu yang sangat baik untuk membaca Alqur'an. Membaca al qur'an di waktu ini bisa dilakukan setelah kita melakukan dzikir pagi. Dengan membaca Alqur'an di waktu ini, bisa menghindarkan kita untuk kembali tidur di waktu subuh.

         Dengan mengalokasikan waktu 30-60 menit di waktu ini, setidaknya kita bisa membaca 1 juz Al Qur'an. Selain membaca Al Qura'an bisa juga untuk menghafal dan memurojaah hafalan kita.

2. Waktu Ba'da Dzuhur
         Memanfaatkan waktu setelah sholat dzuhur untuk membaca Al qur'an bisa dilakukan oleh para pekerja atau karyawan. Dengan memanfaatkan waktu sekitar 30 menit bisa dilakukan untuk membaca al quran.

3. Waktu Setelah Tarawih
         Waktu yang cukup longgar adalah waktu setelah sholat tarawih. Setelah kita sholat tarawih manfaatkanlah waktu setelahnya untuk membaca Al Qur'an. Dengan mengalokasikan waktu 60 menit (1 jam) kita bisa menyelesaikan minimal 1 juz.

Tiga waktu tersebut bisa kita manfaatkan untuk memperbanyak amal ibadah kita terutama membaca Al Qur'an. Tentunya jika lebih dari 3 waktu tersebut lebih baik.

“Bacalah Al Qur’an karena Al Qur’an akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi’ (pemberi syafa’at) bagi yang membacanya. Bacalah Az Zahrowain (dua surat cahaya) yaitu surat Al Baqarah dan Ali Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan yang lainnya), keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat tersebut. Bacalah pula surat Al Baqarah. Mengambil surat tersebut adalah suatu keberkahan dan meninggalkannya akan mendapat penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalnya.” (HR. Muslim no. 1910. Lihat penjelasan hadits ini secara lengkap di At Taisir bi Syarhi Al Jami’ Ash Shogir, Al Munawi, 1/388, Asy Syamilah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close