Notification

×

Iklan

Iklan

Makanan Terbaik Saat Sahur

Sabtu, 25 Maret 2023 | Maret 25, 2023 WIB Last Updated 2023-06-24T01:03:14Z
Banyumas24jam - sahur merupakan bagian penting dari puasa. Makan sahur merupakan bekal untuk berpuasa seharian penuh. Dengan kita makan sahur, maka akan menjadi bekal tenaga saat puasa seharian penuh. Apalagi bagi yang berpuasa dengan aktivitas tinggi di siang hari, pastinya harus diawali dengan makan sahur. Banyak diantara kita makan sahur dengan

Makan sahur sangat dianjurkan oleh rasulullah shollalohu'alaihu wassalam. Berdasarkan sabda beliau dalam sebuah hadist. Rasulullah Sholallohu'alaihi wassalam bersabda, "Makan sahur itu berkah, maka janganlah kalian tinggalkan meskipun salah seorang dari kalian hanya minum seteguk air. Karena sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla dan para malaikat-Nya berselawat kepada orang-orang yang makan sahur." (HR. Ahmad).

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Bersahurlah karena dalam makanan sahur terdapat keberkahan" (HR. Bukhari no. 1922 dan Muslim no. 1095).

Dari kedua hadist diatas, menggambarkan betapa pentingnya makan sahur. Lalu, makanan apa yang paling baik menurut islam untuk menu makan sahur? Makanan terbaik saat makan sahur adalah kurma.

Seperti sabda Rasulullah shollalohu'alaihi wassalam. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, "Sebaik-baik makanan sahur adalah tamr (kurma kering)" (HR. Abu Daud no. 2345, disahihkan Al-Albani dalam Shahih Abu Daud).

Tentunya menu makanan sahur tidak hanya kurma. Asal hukumnya setiap makanan yang halal tentunya boleh dikonsumsi untuk makan sahur.

Dikutip dari Halodoc ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat makan sahur diantaranya:
1. Sup
2. Nasi Merah
3. Kacang-kacangan
4. Telur
5. Buah-buahan terutama buah pisang

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan tahun ini, semoga Alloh senantiasa memberikan kekuatan agar kita dapat berpuasa dan dapat mengisi bulan ramadhan tahun ini dengan berbagai ibadah dan aktivitas yang bernilai ibadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close