Notification

×

Iklan

Iklan

Hasil Sidang Isbat: 1 Ramadhan 1444 H, Jatuh pada Hari Kamis, 23 Maret 2023

Rabu, 22 Maret 2023 | Maret 22, 2023 WIB Last Updated 2023-03-24T03:54:08Z
Banyumas24jam - pemerintah lewat Kementrian Agama mengumumkan hasil sidang Isbat, Rabu 22 Maret 2023 bahwa tanggal 1 Ramadhan 1444 Hijriyah jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Dengan penetapan ini, berarti keputusan penentuan 1 ramadhan ini sama dengan Muhammadiyah.

Sidang isbat dilakukan oleh pemerintah untuk menentukan awal Bulan Ramadhan, Syawal, dan tanggal 10 Dzulhijjah. Untuk sidang isbat hari ini, melibatkan beberapa pihak yaitu Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren.

Menteri Agama Gus Yaqut memaparkan dalam konferensi pers sore tadi, bahwasanya ada 124 titik di seluruh Indonesia yang ditunjuk kemenag untuk melihat hilal. Dan beberapa titik berhasil melihat hilal. Menurut perhitungan ketinggian posisi hilal di seluruh Indonesia berada di antara 6-8 derajat dengan sudut elokasi 7,93 sampai 9,54 derajat.

Pemerintah mengharapkan dengan hasil sidang isbat kali ini, seluruh umat islam di Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa secara bersama-sama. Semoga ini menjadi simbol, cerminan ke bersama-sama, umat Islam Indonesia,ke bersama ini juga mudah-mudahan jadi wujud dari kebersamaan kita semua sebagai anak bangsa untuk menatap masa depan bangsa yang lebih baik.

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 Hijriyah, semoga Alloh senantiasa memberikan kekuatan agar kita dapat berpuasa dan dapat mengisi bulan ramadhan tahun ini dengan berbagai ibadah dan aktivitas yang bernilai ibadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close