Notification

×

Iklan

Iklan

Do'a Saat Buka Puasa yang Shahih

Rabu, 29 Maret 2023 | Maret 29, 2023 WIB Last Updated 2023-06-01T00:37:16Z
Gambar: Tebuirengonline

Banyumas24jam - do'a merupakan ibadah yang dianjurkan dalam islam. Karena do'a adalah bentuk kerendahan makhluk kepada sang pencipta yaitu Allah Subhanahu wata'alaa. Dalam islam, setiap aktivitas yang kita lakukan harus diawali dengan do'a.

Dari An-Nu'man bin Basyir radhiyallahu 'anhuma, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Doa adalah ibadah." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Begitupun saat kita berbuka puasa, dianjurkan untuk membaca do'a sebagai rasa syukur kita, karena seharian telah berpuasa. Ada do'a yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam yang hendaknya dibaca ketika berbuka puasa.


Do'a Saat Buka Puasa yang Shahih

"Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam apabila telah berbuka puasa, beliau berdoa :

ذَهَبَ الظّـَمَأُ وَابْتَلّـَتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

"Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki." (Hadits Hasan) [HR. Abu Daud no. 2357, An-Nasa-i dalam As Sunan Al-Kubro no. 3315 dan selainnya. Lihat Irwaul Ghalil no. 920]

Kapan do'a ini diucapkan? menurut para 'ulama do'a ini dibaca setelah kita membatalkan puasa kita. Selain membaca do'a diatas, perbanyaklah do'a pada waktu berbuka. Karena do'a saat berbuka adalah termasuk waktu mustajab.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu’ anhu dia berkata, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
"Ada tiga orang yang do'anya tidak ditolak :
1. Doa orang tua kepada anaknya,
2. Orang yang berpuasa ketika berbuka,
3. Do'a orang yang sedang safar (musafir)."
Hadits Shohih [HR. al-Baihaqi 3/345 dan yang lainnya]. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani di dalam kitab Silsilah Ahaadits as-Shahihah no. 1797)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close