Notification

×

Iklan

Iklan

Adab bergaul dengan orang lebih muda

Jumat, 03 Februari 2023 | Februari 03, 2023 WIB Last Updated 2023-03-01T01:41:20Z
Adab bergaul dengan orang lebih muda
Banyumas24jam - didalam sebuah hadist, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Bukan termasuk dari golongan kami orang yang tidak menyayangi anak kecil kami dan tidak menghormati orang tua (orang dewasa) kami'” (HR. At Tirmidzi no.1921. Dihasankan oleh Syu’aib Al Arnauth)

Didalam hadist ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menekankan bahwasanya orang lebih muda harus menghormati yang lebih tua dan orang yang lebih tua menyayangi yang lebih muda.

Ada 5 adab yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam hal interaksi kita kepada yang lebih muda.

1. Menolong bila ia dalam kesulitan
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menghilangkan kesusahan dari kesusahan-kesusahan dunia orang mukmin, maka Allah akan menghilangkan kesusahan dari kesusahan-kesusahan hari kiamat.” (HR. Muslim)

2. Berbicara dengan sopan kepadanya
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda "Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata baik atau lebih baik diam (jika tidak mampu berkata baik)" (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Memberikan Contoh yang baik Kepadanya
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (H.R. Muslim no. 1893)

4. Memberikan nasehat kepadanya
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Agama adalah nasehat”. Para sahabat bertanya: “Untuk siapa?”. Beliau menjawab: “Untuk Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin kaum muslimin dan umat muslim seluruhnya” (HR. Muslim)

5. Memberikan kasih sayang
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Perumpamaan sesama kaum mukminin dalam menjaga hubungan, kasih saying dan kebersamaan seperti satu tubuh, jika satu anggota merasakan sakit, maka akan membuat seluruh tubuhnya terjaga dan merasakan demam “ (HR. Muslim No. 2586)

1 komentar:

  1. Artikel yang bagus, simple tapi padat berisi.. terima kasih..

    BalasHapus

close