Notification

×

Iklan

Iklan

Dokumentasi Langka Banyumas Tempo Dulu

Selasa, 08 November 2022 | November 08, 2022 WIB Last Updated 2022-11-29T13:19:57Z
Banyumas24jam - Setiap Kabupaten atau kota pastinya mempunyai sejarah tersendiri. Tidak terkecuali Kabupaten Banyumas. Sejarah panjang dari sebuah kabupaten diabadikan oleh dokumentasi atau foto-foto ala kadarnya pada masa itu. Walaupun dengan dokumentasi yang ala kadarnya, tetapi foto-foto itu sebagai bukti sejarah yang ada. Berikut adalah foto-foto dokumentasi dari beberapa tempat di Banyumas dan Purwokerto, dengan foto-foto ini kita bisa flash back ke masa lalu yang indah.

Beberapa Foto Banyumas Tempo Dulu

Alun-alun Awal Abad 20

Diatas adalah foto Alun-alun Banyumas di masa lalu, di foto tersebut banyak sapi maupun kambing yang masih memakan rumput di kompleks Alun-alun. Pada masa dulu alun-alun masih diperbolehkan untuk ngangon kambil maupun sapi. Untuk hari ini pastinya tidak boleh.

Alun-alun Purwokerto 1942

Alun-alun Purwokerto tempo doeloe, dengan bangunan khas belanda dengan dinding yang tebal. Terlihat di foto diatas, beberapa orang ada yang menggunakan becak, sepeda dan delman. di masa itu pastinya masih sangat sedikit mobil dan sepeda motor. Karena sepeda motor dan mobil pastinya hanya milik pejabat masa itu dan para penjajah belanda masa itu.

Kebondalem 1942

Kebondalem Purwokerto di tahun 1942 sangat jauh berbeda dengan di jaman sekarang. Dijaman dahulu bangunannya masih sedikit berbeda di jaman sekarang yang bangunannya begitu padat.

SMA Negeri 2 Purwokerto

Dewan Guru SMA Negeri 2 Purwokerto yang berfoto bersama.

Pendopo Alun-alun Banyumas 1948

Pendopo Alun-alun Banyumas di lihat dari udara. berdasarkan beberapa sumber Foto ini diambil di sekitar tahun 1948.

Rumah Sakit Umum Jl. Dr Angka Purwokerto

Rumah sakit Umum Purwokerto bertempat di Jl. Dr. angka. Sekarang rumah sakit ini sudah tidak ada. Digantikan dengan rumah Sakit Geriyatri Purwokerto.

Stasiun Purwokerto 1940an

Ini merupakan foto tempo doeloe stasiun timur Purwokerto. Jelas sangat berbeda dengan zaman sekarang.

SMK Negeri 1 Banyumas

SMK Negeri 1 Banyumas pada masa itu.
Gunung Slamet Era 1940an

Pemandangan Gunung Slamet yang menawan. Pemandangan Gunung Slamet ini dilihat dari Stasiun Purwokerto. Keindahan Gunung slamet memang tidak lekang di makan waktu. Dilihat dari Foto tersebut Gunung slamet di jaman dulu dengan sekarang hampir tidak jauh berbeda.
Jembatan Sungai Serayu tahun 1940-an

Pemandangan Jembatan Sungai serayu di tahun 1940an, jembatan dalam foto ini adalah jembatan diatas sungai serayu yang dekat dengan pasar banyumas sekarang atau sebelah utara Alun-alun Banyumas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close